Minggu, 01 Juni 2014

ULAMA SEMANGAT DALAM MEMILIKI BUKU DAN MEMBACANYA


Ibnul Jauzi Rahimahullah berkata mengenai dirinya sendiri:

"Tidak pernah saya kenyang membaca buku , kalau saya melihat buku yang  belum pernah saya lihat sebelumnya , seolah olah saya baru menemukan harta terpendam, saya pernah melihat daftar buku buku yang di wakafkan di madrasah nizhamiyyah , ternyata daftar itu memuat sekitar 6000 jilid buku , buku buku Abu Hanifah , buku buku Al Humaidi , buku guru kami Syaikh Abdul Wahhab Bin Nashir , buku Abu Muhammad Bin Al Khasysyab sebanyak beberapa muatan , dan buku buku lain yg mampu saya dapatkan , kalau misalnya saya katakan bahwa saya telah membaca 20.000 buku , sebenarnya jumlah nya masih banyak lagi , dan saat itu saya masih dalam tahap belajar"

[shaid al khathir hal 557]

Beliau juga mengatakan :

"Hendaklah engkau memiliki sebuah tempat di rumahmu untuk menyendiri , bercakap cakap dengan baris demi baris bukumu dan melaju dalam pacuan pikiranmu"

[shaidul khathir hal 318]

_ForumTamanJannah_