Jumat, 04 Maret 2016

Bagaimana Tata Cara Sholat Gerhana ?



Sholat Gerhana Bisa Dikerjakan Sendirian dan Akan Lebih Baik Lagi Jika Dikerjakan Berjamaah.

Jika Dikerjakan Berjamaah, Maka Imam Membaca AlFatihah dan Surat Setelahnya dengan Keras (Jahr) Meski Dilakukan di Siang Hari.

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا جَهَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي صَلَاةِ الْخُسُوفِ بِقِرَاءَتِهِ فَإِذَا فَرَغَ مِنْ قِرَاءَتِهِ كَبَّرَ فَرَكَعَ وَإِذَا رَفَعَ مِنَ الرَّكْعَةِ قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ ثُمَّ يُعَاوِدُ الْقِرَاءَةَ فِي صَلَاةِ الْكُسُوفِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فِي رَكْعَتَيْنِ وَأَرْبَعَ سَجَدَاتٍ

Dari Aisyah Radhiyallahu Anha : Nabi Shollallahu Alaihi Wasallam Mengeraskan Bacaan dalam Sholat Gerhana. Jika Selesai dari Membaca Ayat, Beliau Bertakbir kemudian Ruku. Setelah Bangkit dari Ruku Beliau Mengucapkan : Samiallaahu Liman Hamidah, Robbanaa Wa Lakal Hamdu. Kemudian Mengulangi Membaca (AlFatihah dan Surat). Dalam Sholat Gerhana Terdapat 4 Ruku dalam Dua Rokaat dan Ada 4 Sujud (Dalam Keseluruhan). (H.R Al-Bukhari).

Secara Ringkas, Tata Cara Sholat Gerhana adalah sebagai berikut :

1. Takbiratul Ihram.

2. Membaca Istiftah, Taawwudz, AlFatihah dan Surat lain (Jika Memungkinkan Membaca Surat yang Panjang, seperti AlBaqoroh, Namun Jika Tidak Memungkinkan, Bisa Surat Apa Saja).

3. Ruku, Jika Memungkinkan Dilakukan dalam Waktu yang Lama, Apabila Membaca Surat yang Panjang. Sebagaimana Sunnah Nabi Kadar Lama Ruku Hampir Sama dengan Kadar Membaca Surat.

4. Bangkit dari Ruku Mengucapkan Samiallahu Liman Hamidah, kemudian Membaca Robbanaa Wa Lakal Hamdu.

5. Tidak Menuju Sujud, namun Berdiri Kembali Bersedekap dengan Membaca AlFatihah dan Surat.

6. Ruku yang Kedua dalam Rokaat ini.

7. Bangkit dari Ruku, Mengucapkan Samiallaahu Liman Hamidah, kemudian Membaca Robbanaa Wa Lakal Hamdu.

8. Turun Menuju Sujud, kemudian Bangkit dari Sujud untuk Duduk di Antara Dua Sujud, kemudian Sujud Lagi.

10. Bangkit ke Rokaat Kedua, Memulai dengan AlFatihah kemudian Membaca Surat.

Selanjutnya Sama Caranya dengan Cara di Rokaat Pertama.

Intinya, Total Rokaat adalah 2 Rokaat. Pada Tiap Rokaat Ada Dua Ruku dan Dua Sujud. Total Sujud Pada seluruh Rokaat adalah Empat Sujud.

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا قَالَتْ خَسَفَتْ الشَّمْسُ فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَصَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالنَّاسِ فَقَامَ فَأَطَالَ الْقِيَامَ ثُمَّ رَكَعَ فَأَطَالَ الرُّكُوعَ ثُمَّ قَامَ فَأَطَالَ الْقِيَامَ وَهُوَ دُونَ الْقِيَامِ الْأَوَّلِ ثُمَّ رَكَعَ فَأَطَالَ الرُّكُوعَ وَهُوَ دُونَ الرُّكُوعِ الْأَوَّلِ ثُمَّ سَجَدَ فَأَطَالَ السُّجُودَ ثُمَّ فَعَلَ فِي الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ مِثْلَ مَا فَعَلَ فِي الْأُولَى ثُمَّ انْصَرَفَ

Dari Aisyah Radhiyallahu Anha Beliau Berkata : Terjadi Gerhana di Masa Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam Maka Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam Sholat Bersama Manusia. Beliau Berdiri dan Lama dalam Berdirinya. Kemudian Beliau Ruku hingga Lama dalam Ruku’nya. Kemudian Beliau Berdiri dengan Lama Berdiri Kurang dari Yang Pertama. Kemudian Beliau Ruku Memperpanjang Ruku’nya Kurang Dari yang Pertama. Kemudian Sujud Memperpanjang Sujudnya kemudian Melakukan Seperti itu di Rokaat Pertama pada Rokaat Kedua. Kemudian Selesai Sholat. (H.R Al-Bukhari dari Aisyah Radhiyallahu Anha).

~~~~~~~~~~~~~~~~

Dikutip dari Buku " FIQH BERSUCI DAN SHOLAT SESUAI TUNTUNAN NABI "

▶️Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

=====================
 http://telegram/alistiqomah