Jumat, 25 Maret 2016

HARI-HARI DI SISI SALAF



Al-Khalîl bin Ahmad rahimahullah berkata :

Hari-hariku ada empat macam :

1. Hari yang ketika aku keluar, aku bertemu dengan orang yang lebih alim dari diriku, sehingga akupun bisa belajar darinya.

Maka inilah hari penuh faidah dan keberuntunganku.


2. Hari yang ketika aku keluar, aku bertemu dengan orang yang diriku lebih alim dari dirinya. (sehingga aku bisa mengajarinya).

Maka inilah hari yang berpahala.


3. Hari yang ketika aku keluar, aku bertemu dengan orang yang selevel (tingkat keilmuannya) dengan diriku, maka aku saling berdiskusi dengannya

Maka inilah hari belajarku.


4. Hari yang ketika aku keluar, aku bertemu dengan orang yang lebih rendah (keilmuannya) namun ia menganggap dirinya berada di atasku, maka aku tidak mau berbicara dengannya.

Dan kujadikan hari ini sebagai hari istirahatku.



Jâmi' Bayânil 'Ilmi wa Fadhlihi karya Ibnu Abdil Barr.


 مفتاح دار السعادة
Miftah Daaris Sa'adah
------------------------------