Kamis, 11 Februari 2016

FAIDAH HARI JUMAT


WAKTU WAKTU MUSTAJAB DI HARI JUM'AT

Asy Syeikh Abdul Aziz Bin Baaz:

Yang paling kuat dari pendapat pendapat yang menyebutkan waktu mustajab di hari jum'at ada dua:

1. Yang pertama:
Yaitu setelah ashar sampai tenggelamnya matahari, bagi orang yang duduk menunggu Sholat maghrib, baik dimasjid atau dirumahnya, dia berdoa kepada Allah sama saja LAKI LAKI atau PEREMPUAN, maka sangat mungkin sekali untuk dikabulkan doanya.

2. Yang kedua:
Yaitu ketika duduknya imam diatas mimbar ketika berkhutbah di hari jum'at, sampai selesai sholat, maka berdoa di dua waktu ini sangat mustajab.
Dan dua waktu ini adalah dua waktu yang paling diharapkan dari waktu waktu mustajabnya doa di hari jum'at karena telah datang di dalam hadist hadist yang shohih yang menunjukkan yang demikian itu.

Sumber: Majmu' Fatawa Ibnu Baaz 6/125.
__________________

Asy Syeikh Muhammad Bin Sholih Al Utsaimin:

Termasuk KEKHUSUSAN sholat Jum'at adalah bertepatan dengan waktu mustajab, yang mana Nabi Shollallahu Alaihi Wa Salla bersabda
"Tidaklah seorang muslim berdiri untuk sholat kemudian dia meminta kepada Allah sesuatu kecuali Allah akan memberikannya padanya"

Ini adalah NI'MAT yang besar yang mana hal yang serupa TIDAK DIDAPATKAN PADA SHOLAT DHUHUR, tetapi hanya pada sholat jum'at.

Dan waktu yang paling diharapkan mustajab pada hari jum'at adalah pada waktu sholat, pada yang berikut ini:

1. Yang pertama:
Karena datang riwayat hadist pada Shohih Muslim dari hadist Abu Musa Al Asy'ari rodhiyallahu anhu.

2. Yang kedua:
Karena ini adalah waktu berkumpulnya kaum muslimin dengan ibadah yang satu, dengan satu pimpinan dan satu imam, maka yang demikian ini LEBIH DEKAT kepada pengabulan doa, oleh karena itu pada hari Arofah ketika berkumpul kaum muslimin di padang arofah, kemudian Allah mendekat dan Allah berbangga dengan mereka dihadapan para Malaikat dan Allah mengabulkan doa mereka.

Oleh karena itu BERSEMANGATLAH untuk berdoa pada waktu ini, yaitu waktu sholat jum'at.

Tetapi kapan dimulai waktu ini dan kapan berakhir?
Dimulai ketika masuknya imam sampai selesai sholat.

Maka sekarang kita lihat kapan kita berdoa?
Ketika imam masuk dan mengucapkan salam, kemudian setelah itu muadzdzin mengumandangkan adzan, pada waktu adzan ini tidak ada doa yang ada hanya menjawab adzan sang muadzdzin, kemudian setelah adzan disana ada doa yaitu antara adzan dan khutbah, disana ada doa setelah adzan:

◽{ اللهم رب هذه الدعوة التامة و الصلاة القائمة آت محمد الوسيلة و الفضيلة، و ابعثه مقاما محمودا الذي وعدته، إنك لا تخلف الميعاد }.

Ini diucapkan setelah menjawab adzan.

Kemudian engkau berdoa sekehendakmu selama khotib belum 
memulai khutbah.

Demikian pula diantara dua khutbah engkau berdoa sekehendakmu dari kebaikan dunia dan akherat.

Demikian pula disaat sholat disaat sujud disana ada doa, dan keadaan yang paling dekat seorang hamba dengan Robbnya disaat sujud sebagaimana yang datang riwayat hadist dari Nabi Shollallahu Alaihi Wa Sallam, yang demikian itu karena sujud adalah kadaan yang paling sempurna seseorang didalam merendahkan diri (kepada Allah), dan yang paling mulia dari dari anggota badan sesorang yaitu wajah diletakkan diatas bumi ketika sujud, yang mana itu adalah tempat kaki menginjak nginjak, maka kepalamu dan dahimu sama rata dengan jari jemari kedua kakimu, dengan perendahan diri yang besar yang seperti ini maka seseorang menjadi paling dekat dengan Robbnya Jalla Wa Alaa, karena barangsiapa yang tawadhu' karena Allah maka Allah akan menganggkat derajatnya, yang paling dekat seorang hamba dengan Robbnya disaat sujud, maka ambillah kesempatan ini dan perbanyaklah doa untuk kebaikan dunia dan akherat.
_________________

HUKUM MENJAMA' SHOLAT JUM'AT DENGAN SHOLAT ASHAR BAGI MUSAFIR

Asy Syeikh Muhammad Bin Sholih Al Utsaimin:

Termasuk kekhususan sholat jum'at yaitu tidak boleh dijama' dengan sholat yang setelahnya yaitu sholat ashar.
Maka tidak boleh sholat ashar dijama' dengan sholat jum'at.
Kalau seandainya ada seorang musafir sedang singgah disuatu tempat dan dia hendak melanjutkan perjalanannya setelah sholat jum'at, dan dia melakukan sholat jum'at dengan manusia maka tidak boleh bagi dia untuk menjama'nya dengan sholat ashar.
Karena yang datang didalam sunnah adalah menjama' sholat dhuhur dan sholat ashar.

Sedangkan kesepakatan yang ada sholat jum'at bukanlah sholat dhuhur.

Tidak ada seorangpun yang mengatakan bahwa sholat jum'at itu adalah sholat dhuhur.

Oleh karena itu kami katakan: lanjutkan safarmu, dan apabila masuk waktu ashar dan engkau masih dalam perjalanan maka sholatlah dimana saja ketika telah datang waktunya.
_________________

ADAKAH AMALAN KHUSUS DI HARI JUM'AT

Asy Syeikh Bin Baaz rohimahullah:

Tanya:
Apa yang dilakukan Nabi shollallahu alaihi wa sallam di hari jum'at?

Jawab:
Aku tidak mengetahui beliau shollallahu alaihi wa sallam mengkhususkan dengan amalan tertentu.

Pada hari jum'at beliau tidak mengkhususkan dengan puasa dan tidak mengkhususkan pada malam harinya dengan sholat.

Tetapi hari jum'at adalah hari yang utama,
Hari untuk qiroatul Qur'an
Hari untuk berdzikir
Hari untuk sholat
Hari untuk beribadah.

Dan aku tidak mengetahui Nabi Shollallahu alaihi wa sallam beliau mengkhususkan sesuatu untuk hari jum'at.

Hanya saja diriwayatkan dari beliau shollallahu alaihi wa sallam:
(من قرأ سورة الكهف يوم الجمعة أضاء له نور بين المشرق والمغرب).
"Barangsiapa yang membaca surat al kahfi maka akan dia akan 
disinari cahaya antara masyriq dan maghrib"

Atau sebagaimana yang disabdakan oleh Rosulullah shollallahu alaihi wa sallam.

Sumber: http://www.binbaz.org.sa/node/17512
Telegram: https://bit.ly/Berbagiilmuagama
Alih bahasa: Abu Arifah Muhammad Bin Yahya Bahraisy
__________________

KAPAN MANDI JUM’AT DI LAKUKAN ?

Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry hafizhahullah

Pertanyaan: Penanya mengatakan: Apakah sah bila saya mandi untuk shalat Jum’at setelah fajar sebelum matahari terbit? ataukah saya harus mandi setelah matahari terbit?

Jawaban: Yang tampak bagi saya bahwa ini tidaklah tepat, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam di dalam sebuah hadits shahih telah menyebutkan waktu-waktu yang memiliki berbagai tingkatan pahala padanya. Beliau bersabda:
“Barang siapa mandi pada hari Jum’at kemudian berangkat pada waktu yang pertama, maka seakan ia telah berkurban dengan seekor unta….” dan seterusnya.
Sedangkan manusia tidaklah pergi berangkat shalat Jum’at setelah fajar.Oleh karena itu, jadikanlah mandimu di waktu yang orang-orang pergi (shalat Jum’at).

Alih bahasa : Syabab Forum Salafy
WhatsApp Salafy Indonesia
Channel Telegram || http://bit.ly/ForumSalafy
________________

BERGEMBIRALAH DI HARI JU'MAT

asy Syaikh Zaid bin Muhammad bin Hadiy al Madkhaliy 
rahimahullah berkata :

فينبغي للمسلم : أن يهتم بشأن الجمعة عيد الأسبوع وميزة هذه الأمة ويفرح بقدوم يومها لما فيه من الفضائل والنفحات لأهل الاسلام والايمان والاحسان والجمع والجماعات ما لا يوجد في يوم سواه من سائر الايام والشعائر الاخرى من العبادات"
الافنان الندية(2/135)

️"Seharusnya bagi seorang muslim untuk memberi perhatian yang 
lebih di hari jum'at, yang ini merupakan hari 'ied setiap pekan.

Dan merupakan keistimewaan umat ini, dan hendaknya pula ia bergembira dengan kehadiran hari tersebut.

Yang padanya ada sekian banyak keutamaan, serta anugerah kebaikan bagi ahlul islam, iman dan ihsan serta masyarakat secara umum.

Yang mana hal ini tidak didapati pada hari yang lainnya, dari hari-hari yang ada. Serta syi'ar-syi'ar ibadah yang lainnya."

al Afnan an Nadiyah (2/135)
Forum Salafy Purbalingga
__________________

TIDAK ADA SHALAT SUNNAH QABLIYAH (SEBELUM) JUM'AT

Shalat jum'at tidak mempunyai shalat sunnah qabliyah (sebelum jum'at).

Sehingga apa yang dilakukan sebagian kaum muslimin dengan melaksanakan (qabliyah jum'at) setelah adzan pertama maka itu tidak ada asalnya .

Nur asy-Syarith, no : 2241 oleh Syaikh Ubnu 'Utsaimin - رحمه الله -

✍ ليست لصلاة الجمعة سنة قبلية .
الجمعة ليست لها سنة قبلية ، وما يفعله بعض الناس من القيام بالصلاة إذا أذن المؤذن الأول فلا أصل له .
 نور الشريط رقم : ٢٢٤١ ، ابن عثيمين رحمه الله .

Majmu'ah 
Alhaqqu Ahabbu Ilaina

Channel Telegram
http://bit.ly/Alhaqquahabbuilaina
Faedah Lainnya Kunjungi  www.salafymedia.com


______________



HARI JUM'AT

Asy syeikh Muhammad Bin Sholih Al Utsaimin:

 Dan perlu diketahui bahwa hari jum'at adalah hari yang paling utama dalam sepekan.

 Dan tidaklah matahari terbit pada suatu hari yang lebih baik dari hari jum'at.

 Sumber: Syarhul Mumti' 5/5

_______________


HUKUM BERSALAMAN KETIKA KHOTIB JUM'AT SEDANG BERKHUTBAH

Tanya :

Sesorang diam (mendengarkan) khutbah jum'at kemudian tiba-tiba ada orang disebelahnya mengulurkan tangannya untuk bersalaman di Masjid yang mana imam sedang berkhutbah, apakah dia meninggalkannya atau dia bersalaman dengannya?

Jawab :

 Dia bersalaman dengannya dan dia TIDAK BERBICARA, dan dia menjawab salamnya setelah selesai khotib melakukan khutbah yang pertama apabila dia memberikan salam padamu dalam keadaan khotib berkhutbah pada khutbah yang pertama.

Apabila dia mengucapkan salam padamu pada khutbah yang kedua maka engkau membalas salamnya ketika khotib selesai khutbah yang kedua.

Fatawa Al Lajnah Ad Da`imah no: 3774


_________________


BERBICARA DI SAAT KHUTBAH JUM'AT BERLANGSUNG

 Berbicara di hari Jum'at dalam keadaan imam sedang berkhutbah ini adalah HAROM, dan dia akan terluput dari PAHALA JUM'AT dan ganjarannya yang khusus.

Kitab : Majmu' Fatawa Ibnu Utsaimin 16/64


________________


MENG "AMINKAN" DO'A KHOTIB YANG SEDANG KHUTBAH JUM'AT

 Iya, dia mengaminkan do'a khotib, karena khotib berdo'a untuk dirinya dan untuk yang mendengarkannya.

Kitab : Majmu' Fatawa Al Utsaimin 16/166


_________________


HUKUM MENGUCAPKAN "JUMAT MUBAROKAH"

 Asy Syeikh Sholih Bin Fauzan Al Fauzan hafidhohullah

 Tanya :

 Apa hukum seorang muslim mengatakan kepada muslim yang lainnya "JUM'AT MUBAROKAH" disetiap jumat, lewat sms atau lewat Media internet ?

 Jawab:

 Ini tidak ada sumbernya dan ini adalah BID'AH, tidak boleh mengucapkan selamat dengan hari jumat, yang demikian ini tidak ada anjurannya sama sekali, dan bukan amalan salafus sholih.

 Ahlul bid'ah sekarang masuk lewat hp atau internet untuk memasukkan apa yang mereka maukan, dan mereka menggunakan media media hp dan internet ini untuk menyebarluaskan kebid'ahan dengan cara cara yang seperti ini.


Sumber: http://www.alfawzan.af.org.sa/node/13651


_______________



HUKUM MENJAMA' MANDI JANABAH DAN DAN MANDI JUM'AT

Asy Syeikh Muhammad  Bin Sholih Al Utsaimin :


 TANYA :

 Apa hukum menjama' mandi jum'at dan mandi junub?

 JAWAB :

Tidak mengapa yang demikian ini, karena seseorang yang dalam keadaan junub kemudian dia mandi dan meniatkan untuk menghilangkan junub dan untuk mandi jum'at maka tidak mengapa yg demikian.

Ini sebagaimana seseorang yang masuk masjid dan solat dua rokaat, dia meniatkan untuk sholat Rowatib dan untuk sholat tahiyyatul masjid maka ini tidak mengapa.

 Dan permasalahan ini tidak terlepas dari tiga macam:

1. Yang pertama: dia hanya meniatkan mandi junub saja.

2. Yang kedua: dia meniatkan mandi junub dan mandi jum'at.

3. Yang ketiga: dia meniatkan mandi jum'at saja.

4. Tersisa Yang keempat dan ini tidak mungkin, dia tidak meniatkan kedua duanya dan ini tidak mungkin.

Apabila dia mandi junub maka maka ini cukup untuk mandi jum'at apabila dia mandi setelah terbit matahari

 Apabila dia meniatkan kedua duanya maka ini cukup dan dia mendapatkan pahala keduanya sekaligus

 Apabila dia meniatkan mandi jumat maka ini tidak cukup untuk untuk mandi junub karena mandi jum'at wajib tanpa adanya hadats, sedangkan mandi janabah wajib karena adanya hadast, maka harus adanya niat untuk nengangkat hadast ini.

 Sumber: Majmuah Fatawa Wa Rosail Asy Syeikh Al Utsaimin, jilid 16 kitab sholat jumat.


 Telegram: https://bit.ly/Berbagiilmuagama
 Alih bahasa: Abu Arifah Muhammad Bin Yahya Bahraisy



_______________