Senin, 12 September 2016

OBAT LUPA



Ali bin Khasyram rahimahullah berkata:

" Saya melihat Waki' bin al-Jarrah tidak pernah membawa kitab, namun beliau bisa menghafal apa yang tidak kami hafal. Maka saya merasa heran dengan hal itu sehingga saya pun bertanya kepada beliau :

" Wahai Waki', Anda tidak pernah membawa kitab dan tidak menggoreskan yang hitam di atas yang putih (tidak mencatat -pent), namun Anda menghafal lebih banyak dibandingkan apa yang kami hafal ? "

Maka Waki' berkata dengan membisikkan ke telinga saya :

" Wahai Ali, jika saya tunjukkan kepadamu obat lupa, apakah engkau akan mengamalkannya ? "

Saya pun menjawab : " Ya, demi Allah."

Maka beliau menjelaskan :

" Meninggalkan maksiat, demi Allah, saya tidak melihat sesuatu yang lebih bermanfaat untuk memudahkan menghafal dibandingkan meninggalkan kemaksiatan."


(Siyarul A'lamin Nubala', 6/384)

Majmu'ah An-Nahjul Wadhih

WhatsApp Salafy Indonesia
Chanel Telegram : http://bit.ly/ForumSalafy